Warga Pariaman Berkumpul Untuk Menyaksikan Perlombaan Layarangan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan


Padang, SiantarOnline.id - Menjelang datangnya bulan suci ramadhan anak Nagari di Kabuapten Padang Pariaman, Sumatera Barat, menggelar lomba layang-layang tradisional, Jumat (19/05/2017) siang.

Selain untuk menyalurkan hobi, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi warga. Dalam kegiatan ini tampak puluhan layang-layang tradisional sedang terbang di langit.

Ada yang berukuran kecil serta ada pula yang berukuran besar, masing-masing layangan ini dimainkan oleh satu tim yang terdiri dari tiga orang yaitu pemegang layang-layang, pemegang benang dan pemain layang-layang.

Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi yang digelar penggemar layang-layang di Nagari Sungai Sariak menjelang datangnya bulan suci ramadhan.

Ada sekitar 70 layang-layang yang ikut berlomba, namun untuk ukuran layangan terkecil dibatasi hanya 4 meter sedangkan yang terbesar adalah layang-layang bernama lapitan dengan panjang diameter 6,3 meter.

Penilaian dewan juri dimulai ketika senapan bedil diletuskan ke udara yang menandakan supaya para pemain layang-layang tetap berkonsentrasi untuk menjaga layangnya dapat terbang dengan stabil di udara.

Kriteria pemenang lomba-layang tradisional ini antara lain adalah panjangnya benang alias terjauh, tegak tali atau benang lurus ke atas selama satu menit, serta kerja sama tim.

Menurut Ketua Panitia Safaruddin, layangan ini ajang silaturahmi dari para penggemar layang-layang di kabupaten padang pariaman.

Apalagi tidak lama lagi akan memasuki bulan suci ramadhan maka ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan saling memafkan sesama penggemar layang-layang.

Lomba yang digelar di lapangan Kampuang Bendang, Nagari Sungai Sariak ini dikuti beberapa klub penggemar layang-layang, mereka secara rutin mengadakan kegiatan sejenis secara bergantian di beberapa daerah.

Hadiah yang diperebutkan dari lomba anak Nagari ini berupa tabanas dan tropi dari panitia pelaksana. (Red)

Posting Komentar

 
Top