Sentul, SiantarOnline24Jam - Yamaha Racing Team tampil gemilang di seri pembuka IndoPrix musim ini. Tim 'Garpu Tala' itu menyapu bersih gelar di dua kelas yang diperlombakan di sirkuit sentul, Minggu (11/3).

Adalah Pebalap Yamaha, Sudarmono, memenangi IP1 (kelas 125 cc) dan Rafid Topan menjuarai IP2 (110 cc) setelah berhasil mengalahkan lawan-lawannya.

Di sirkuit karting Sentul, Sudarmono mendominasi race 1 IP1 dan IP2 dengan menempati posisi pertama. Di race 1 IP2, pebalap Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya itu mencetak waktu 59.155 detik, jauh meninggalkan yang lain. Terpaut 4.366 detik dengan pebalap Yamaha lainnya, Rafid di belakangnya.

Disusul Hendriansyah dan Florianus Roy. Pebalap-pebalap Yamaha di empat posisi terdepan ini mengukuhkan dominasi Yamaha di race 1 IP2.

"Catatan waktu saya konstan jadi bisa terdepan di IP2 walaupun start dari urutan kelima. Waktunya tidak sampai 58 detik karena cuaca lembab sehingga setingan motor berubah. Saya senang akhirnya bisa juara IP1 di putaran pertama ini," papar Sudarmono.

Di race 1 IP1 Sudarmono bersaing ketat dengan Iswandi dari tim Honda. Iswandi mengekor di belakang Sudarmono dengan gap 1,84 detik. Nasib sial menimpa Topan yang tidak finis karena kabel motornya putus.

Di race 2, walaupun hanya ada di posisi ketiga, namun Sudarmono sukses mengumpulkan total poin paling tinggi 41. Berada di atas dua pebalap Yamaha lainnya, Sigit PD, yang menjuarai race 2 IP1 dengan poin 38 dan Florianus Roy (20).

Sementara itu, Rafid Topan yang memperkuat tim Yamaha Yamalube Nissin KYT Tunggal Jaya, menduduki puncak klasemen IP2 mengemas 31 poin. Setingkat di atas Sudarmono (27) dan H.A.Yudhistira (25) yang memenangi race 2 IP2.

Meski hanya finis di urutan kelima pada race 2 IP2, Topan yang merupakan jawara Supersport Asia kelas 115 cc tahun lalu, berhasil memuncaki klasemen IP 110cc.

Mengenai kemenangan itu manajer Yamaha Motorsport, Ari Wibisono, mengatakan dominasi timnya di seri pembuka itu karena kekuatan pebalap-pebalap muda yang sudah siap fisik dan mental.

"Pebalap-pebalap muda kami terbukti membanggakan Yamaha di putaran pertama ini. Hasil tempaan fisik dan mental lewat training camp yang diadakan Yamaha sebelum ajang balapan dimulai musim ini, membuat mereka tampil begitu percaya diri," beber Ari dalam rilis yang diterima detiksport.

Total Point IP 110cc

1. Rafid Topan (Yamaha)
2. Sudarmono (Yamaha)
3. H Yudistira (Kawasaki)
4. Anggi P (Yamaha)
5. Rey Ratukore (Yamaha)

Total point IP 125cc

1. Sudarmono (Yamaha)
2. Sigit Pd (Yamaha)
3. Floarianus R (Yamaha)
4. Iswandi M (Honda)
5. Wawan (Honda)

Posting Komentar

 
Top