Jakarta, SiantarOnline.id - Desakan dari pihak luar untuk menciptakan mobil ramah lingkungan semakin kencang. Selain untuk menghemat fosil minyak bumi juga untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Produsen VW pun menanggapinya dengan menciptakan Polo Blue GT yang bisa berjalan dengan 2 silinder.

Mobil yang tengah mejeng di Geneva Motor Show 2012 itu pun diyakini sangat efektif menekan penggunaan BBM. Selain bodinya yang mungil, mobil tersebut juga sangat baik untuk lingkungan.

VW Polo Blue GT sendiri didasarkan platform hatchback Polo, berikut mesinnya yang kapasitas 1.400 cc 4 silinder. Hanya saja mesin 1.400 cc 4 silinder yang tersemat di VW Polo Blue GT dimodifikasi hingga hanya bisa bergerak dengan 2 silinder saja, sementara 2 silinder lainnya tidak bekerja.

Dilansir motorauthority, Senin (12/3/2012) hal itu karena mesin 1.400 cc 4 silinder pada VW Polo Blue GT telah teraplikasikan fitur Cylinder Deactivation Technology atau mirip fitur Active Fuel Management yang tersemat pada mobil Holden V8 atau Chrysler V8.

Kehebatan teknologi tersebut adalah mematikan 2 silinder, sementara 2 silinder lainnya bakal aktif ketika mobil berjalan di putaran mesin tinggi atau menginjak kecepatan tertentu.

Menurut insiyur VW, keempat silinder akan kembali bekerja ketika putaran mesin 4.000 RPM. Fitur tersebut terbukti sangat ramah lingkungan. Penelitian yang dilakukan pihak VW, dalam mengemudi kecepatan konstan pada 31 mph (52 km/jam) dalam posisi gigi tiga atau empat, penghematan bahan bakar bisa sebanyak 16 mpg.

Bahkan pada 43 mph (70 km/jam) di gigi lima, konsumsi bahan bakar turun drastis hingga 11 mpg.

Mesin 1.400 cc turbocharging and direct-injection itu bisa menghasilkan tenaga sebesar 140 Hp. Mobil ini juga tersedia fitur engine stop-start serta sistem brake energy regeneration.

Posting Komentar

 
Top