Siantar, SiantarOnline.id - Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Siantar akan segera membuka website yang berisi informasi bursa lowongan tenaga kerja. Sebagai bentuk persiapan, Wali Kota Siantar, Hulman Sitorus melalui Kadis Disnaker, Resman Panjaitan membuka sosialisasi penyebarluasan informasi bursa tenaga kerja tingkat Kota Pematangsiantar, Kamis 16 Juni 2011 di aula Kantor Disnakersos Jalan Dahlia.

Resman mengatakan, dengan dibukanya penyebarluasan informasi bursa tenaga kerja secara online, maka diharapkan perusahaan- perusahaan, khususnya di Kota Pematangsiantar dapat membuka lowongan yang ada di perusahaan tersebut. Ini sesuai Keppres Nomor 4 Tahun 1980 Tentang Wajib Lapor Lowongan.

"Apabila perusahaan membutuhkan tenaga kerja, wajib melaporkan lowongan tersebut ke dinas atau instansi yang menangani masalah tenaga kerja," jelasnya.

Dia menambahkan, sosialisasi ini bermanfaat karena dapat memberikan pelayanan ketenagakerjaan dengan informasi kesempatan kerja bagi pencari kerja dengan mudah. Menurutnya, tujuan penyebarluasan informasi bursa tenaga kerja ini mengurangi jumlah angka pengangguran, meningkatkan pendapatan, dan kesejahteraan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi di Pematangsiantar.

Sebelumnya Ketua Pelaksana sosialisasi, Hamdan Sembiring, yang juga Kabid Pemberdayaan , pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja, melaporkan kegiatan ini merupakan salah satu program dari visi misi pemko meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomian di Kota Pematangsiantar. Menurutnya, sosialisasi ini dilaksanakan selama 2 hari dengan peserta terdiri dari perwakilan dari perusahaan, lembaga pelatihan Swasta, para pegawai dibidang ketenagaan kerja, dan para pencari kerja.

Dijelaskan, sesuai data penduduk tahun 2009, jumlah peduduk Kota Pematangsiantar mencapai 250.977 jiwa.  Dengan jumlah angkatan kerja 118.291 jiwa dan bukan angkatan kerja 72.618 jiwa. Rincian yang bekerja 103.237 jiwa, serta tidak bekerja (menganggur) 14.554 jiwa.

Pembukaan sosialisasi ini dihadiri Angota DPRD Kota Pematangsiantar, Alusius Sihite, Sekertaris Dinas Tenaga Kerja dan Sosial, Yusmar Saragih, dan narasumber Arif. Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan tentang adanya bursa kerja online ini membuat para pencari kerja dapat melihat dan dapat mengakseskan bursa kerja Disnakersos. Para pencari kerja juga tidak susah dan cemas untuk mencari kerja apalagi bursa kerja tersebut di bawah tanggung jawab dari Dinsnakersos. (SO24J)

Posting Komentar

 
Top